Memang nggak akan pernah ada habisnya kalau bahas soal perkembangan usaha ecommerce di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan ecommerce-nya begitu pesat. Banyak pengamat dan analisis yang menyebutkan kalau Indonesia yakni pasar yang sangat sempurna untuk dijadikan sebagai habitat perkembangane ini. Hal ini dikarenakan adanya bonus ibarat demografi yang begitu menguntungkan sehingga mempengaruhi banyaknya peluang bisnis online yang muncul. Ledakan jumlah penduduk ini memang sanggup menjadi sebuah pedang bermata 2.
Secara umum banyak kalangan yang menyebutkan kalau jumlah penduduk besar, berarti peluang untuk menyebarkan bisnis ecommerce juga begitu besar. Hal ini dikarenakan penggunaan internet juga akan semakin meningkat seiring dengan adanya pertumbuhan penduduk. Hal ini sanggup dijadikan keunggulan yang kurang dimiliki oleh negara lain, kalau mereka sanggup memanfaatkannya. Namun ternyata, bukan cuma efek banyaknya jumlah penduduk Indonesia saja, melainkan jumlah penduduk dengan dominasi usai produktif juga mempengaruhi perkembangan ecommerce itu sendiri. Usia produktif ini yang memperlihatkan pertolongan besar pada potensi pasar ecommerce di Indonesia. Artinya kini ini Indonesia mempunyai banyak konsumen sekaligus produsen yang kuat.
Saat ini konsumen juga lebih detail dan pandai dalam memilih pilihan barang belanjaan yang akan dibeli, sehingga banyak dari mereka yang nggak begitu mempermasalahkan harga barang kalau kualitas yang dimiliki juga sesuai, tapi nggak sedikit juga konsumen yang rela mengeluarkan uang tanpa memperhatikan kualitas barang hanya demi memenuhi hobi serta hasrat akan berbelanja. Hal tersebut merupakan salah satu alasan, kenapa Indonesia bermetamorfosis sebuah negara yang mempunyai perkembangan ecommerce begitu besar dan luar biasa. Padahal, hanya ada beberapa negara yang mengalami ledakan jumlah penduduk usia muda. Contohnya ibarat di Tiongkok, hasilnya ekonomi di sana mengalami tingkat kenaikan yang tinggi. Dan Indonesia yakni salah satunya.
Ledakan penduduk ini yakni bonus dari demografi yang sanggup di nikmati di tahun 2010 sampai 2030 nanti, sehabis itu jumlah penduduk usia produksi akan masuk dalam fase usia yang nggak produktif, atau sama ibarat mereka yang berusia ranum, belum terlalu produktif. Dari sini sanggup dibilang kalau di tahun 2020 nanti akan menjadi sebuah tahun emas bagi Indonesia di bidang usaha ecommerce. Oleh alasannya yakni itu banyak cita-cita sebelum tahun 2020 datang, banyak sekali persoalan yang menyangkut bisnis ecommerce ini sanggup diselesaikan dengan mulus. Sekarang ini banyak ecommerce yang mengakibatkan kawula muda sebagai sasaran pasarnya, hal tersebut merupakan kesempatan manis untuk sanggup menuntaskan tantangan yang mungkin ada di bisnis ecommerce, mengingat dalam usia muda terdapat semangat dan tenaga ekstra untuk dijadikan sebagai sebuah pendorong perekonomian di tanah air.
Kalau di tahun 2020 nanti masih ada banyak persoalan yang fundamental tentang ecommerce atau belum sanggup diselesaikan dengan baik, kedepannya tentu akan semakin sulit terlebih pemerintah yang sudah memproyeksikan ecommerce menjadi sebuah faktor pendorong untuk pertumbuhan perekonomian yang berada di Indonesia. Hingga kini ini pemerintah telah melaksanakan banyak sekali macam agenda untuk mendorong perkembangan ekonomi dengan bisnis digital.
Agar sanggup mempersiapkan ekonomi digital ini tentu saja bukan tanpa adanya tantangan. Ada banyak sekali macam tantangan yang begitu fundamental dan harus segera memperoleh solusi yang lebih tepat. Tantangan tersebut sanggup berupa ketakutan masyarakat dikala akan melaksanakan transaksi pada bisnis online. Jangan salah, kalau dibiarkan begitu saja, hal tersebut bisa menjadi sebuah faktor penghambat. Di tahun 2015 saja banyak pengguna internet yang masih saja melaksanakan pengecekan harga namun tidak melaksanakan pembelian sama sekali dikarenakan takut melaksanakan transaksi. Tapi masuk akal juga, sih, namanya belanja harus dengan detail dan teliti. Karena selain ecommerce yang berkembang secara pesat, perjuangan penipuan pun, nggak kalah maraknya dalam dunia digital kini ini.
Btw, ini kenapa bahasannya jadi serius banget, yak. Bawa-bawa ekonomi negara segala, gitu. Bikin online shop buat jualan rumah, ah.. XD
Sincerely,
Share this Article