Motor matic honda vario 125 ialah generasi terbaru tahun 2015-2016,dan penjualannya sangat banyak diminati masyarakat alasannya ialah vario 125 mempunyai body lampu depan yang beda di antara motor matic lainnya.sayangnya kekurangan dari motor honda vario hanya pada lampu belakang saja. alasannya ialah sering sekali pada lampu belakang vario 125 gampang putus atau belum setahun kita menggunakannya lampu belakang nya sudah kedip kedip.selain itu anda bagi pengguna vario 125 perlu mengetahui cara merawat seluruh cuilan spare part dan waktu untuk menggantinya.
agenda service dan penggantian spare part vario 125 ini dilakukan merata pada seluruh cuilan yang dibutuhkan sesuai kilometer yang dibutuhkan masing masing part.spare part diganti sesuai kausan yang paling utama tetapi dengan adanya panduan ini akan memudahkan dalam memilih kondisi dari mesin atau part yang membutuhkan penggantian.part yang sudah waktunya untuk di ganti namun dibiarkan akan menimbulkan pengurangan kinerja part tersebut yang dirasakan akan semakin menumpuk sampai ahirnya banyak menimbulkan kekurangan dalam penggunaannya.
kalau diurutkan dari motor gres keluar dari pabrikan maka urutan penggantian pertama ialah oli mesin.semua orang pemotor tau setiap penggantian oli mesin itu setiap pemakaian motor sampai 1000 kilometer harus di ganti olinya.namun disis lain hususnya bagi warga jakarta kondisi jalan yang sering macet menimbulkan penggunaan oli bukan setara dengan kilometer yang ada.
penggunaan oli yang dipakai oleh pihak honda dengan desain motor gres ahir ini memakai kekentalan 10w-30 yang niscaya encer.penggunaan oli ini akan tersa agresif ada kkondisi oli diatas 2000 km,oleh alasannya ialah itu penggantian oli berdasarkan pihak honda wajib diganti setiap 2000 kilometer sekali.
lalu di km 8000 adda penggantian oli garden ,busi dan pencucian cvt,oli garden mungkin erlihat tidak mencoklat tetapi kalau trkena sinar matahari akan terlihat bram bram sisa kausan dari gearbox.sedangkan busi dalam hal ini dari fisiksudah terlihat celah yang tidak presisi yang sanggup menimbulkan pengapian yang tidak baik.honda sendiri mengklaim bahwa penggunaan busi diatas 8000 km mengalami penurunan performa dari batas limit .siahkan anda sanggup rasakan tenaga niscaya berkurang sehabis ganti busi apakah tenaga sudah kembali lagi.
pencucian v belt dan part di dalam cvt dilakukan setiap 8000 dikarenakan pada kilometer ini pengurangan grease pada rumah dan bos rollernya sudah maksimal.perlu dibersihkan dan diberi pelumas lagi yang fungsinya semoga pergerkan v belt sanggup lancar dan keausan foller pun tidak signifikan.pengecekan diluar 8000 km perlu juga dilakukan kalau menemui permasalahan di cvt,seperti getaran,bunyi tidak normal,dan pengurangan tenaga yang tidak dibarengi dengan brebet.
menginjak kilometr selanjutnya 10.000 km ialah penggantian oli shock.honda dalam hal ini tidak mau kecolongan dengan perkara ban depan yang aus tidak rata.dapat dipastikan bahwa kausan motor matic lebih cepat dibagian kanan.hal ini honda mempunyai cara alam mengurangi kesenjangan kausan dengan penggantian rutin oli shock setiap 10.000 km.dalam hal ini berdasarkan pihak honda penggantian oli shock dilakukan tepat bersamaan penggantian ban depan ,maksudnya semoga ban setingan sudah sesuai dengan setingan shock dengan oli baru.harapannya semoga ban lebih abadi dan tentunya tidak belang sebelah.
agenda penggantian spre part yang lainnya ialah penggantian air radiator yang dilakukan setiap 12.000 km. sebelum menginjak agenda penggantian niscaya pemilik hrus juga sering mengecek air dalam reservoir yang menjaga jumlah air radiator dalam sistem pendinginan.penggunaan air radiator sebaiknya memakai brand coolant dikarenakan mempunyai sifat kimia sudah di sesuaikan dengan kebutuhan motor honda yang notabene mempunyai efesiensi materi bakar yang tinggi.
pada kilometer selanjutnya yakni menginjak di kilometer 16.000 terdapat agenda penggantian spre part pengulangan perawatan 8000 km dengan ditambah ganti filter.filter ini sangat tergantung dari penggunaan motor yang berdebu akan mengurangi masa aktif filter ini.penggunaan di dalam kota cenderung lebih awet ketimbang penggunaan motor di pedesaan.filter ini dilarang di modifikasi dengan memakai busa alasannya ialah penyaringan tidak maksimal malah merusak komponen di dalam sistem injeksi mauun mesin itu sendiri.
agenda penggantian selanjutnya pada kilometer 20000 melanjutkan pergantian oli shock semoga mengawetkan kondisi dari as shock depan yang dirasa kualitasnya gampang berbekas pada cuilan sealnya.selain oli shock juga perlu dilakukan penggantian minyak rem .minyak rem di km ini mengalami kondisi warna yang stabil akan tetapi terdapat kotoran pada susukan terutama pada kaliper bawah.
itulah agenda penggantian spare part honda vario 125. ini juga sanggup dilakukan pada honda vario 150. jadi sebaiknya kalau anda ingin vario anda tetap nyaman di gunakan dan tidak mau repot di jalan datang tiba mogok anda harus menuntunnya menuju bengkel,lebih baik silahkan anda ikutin saran cara menjaga dan merawat spare part vario injeksi di atas demi kenyamanan anda di jalan.
mungkin itu ssaja yang penulis sarankan sesuai penulis bertanya tanya pada teknisi dikala penulis melaksanakan servis bersiklus di bengkel honda ahass. jadi mungkin anda perlu tahu juga, terimakasih yah sudah mau menemani nayla di blog ini.wassalam
Share this Article