DOWNLOAD RPP K13 KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 3

Senin, 25 Juni 2018 : Juni 25, 2018

0 comments




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari



A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn

Kompetensi
Indikator
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan Sekolah

1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar


3.2  Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.34  Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
4.2  Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah



Muatan : Matematika

See Other Article

Kompetensi
Indikator
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

3.1.5  Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan)

4.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

4.1.5  Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)

Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.4  Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)

3.4.1  Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4  Menjelaskan dengan kosa kata yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.

4.4.1  Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan



C.    TUJUAN
  1. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
  2. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
  3. Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
  4. Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
  5. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.


D.    MATERI
·         Posisi dan Jarak yang Tepat Saat Duduk dan Membaca.
·         Mengenal Bilangan 1—10.
·         Berlatih Menunjukkan Lambang bilangan.
·         Menentukan Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.


E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



Sumber https://matakt.blogspot.com/
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com