Artikel kali ini aku akan membagikan perihal Sensor-sensor di mesin Injeksinya Yamaha, Suzuki dan Honda. Simaklah di bawah ini:
1. IAPS
IAPS atau Intake Air Pressure Sensor dimana sensor ini bekerja untuk mendeteksi perubahan tekanan udara pada intake manipold, kemudian mengirim sinyal listrik ke ECM (Engine Control Module). Istilah sensor IAPS ini adanya di motor Yamaha dan Suzuki.
2. MAP
MAP atau Manipold Absolute Pressure, sensor ini adanya di motor Honda. Adapun fungsi dari MAP ini yaitu untuk mendeteksi tekanan udara dalam intake manipold.
Di mana info ini akan menjadi contoh ECM (Engine Control Module) memilih banyak dikitnya materi bakar yang akan disemprotkan injektor semoga dosis udara dan materi bakar selalu ideal.
Namun, untuk motor Honda injeksi versi 4 atau step 4 menyerupai motor Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI, sensor MAP-nya sudah digantikan dengan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) dan O2 Sensor (baca juga).
.
3, CKP
CKP atau Crankshaft Position Sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengetahui posisi sudut crankshaft beserta kecepatan putar yang terjadi di crankshaft.
Sensor ini akan memilih berapa usang injektor akan menyemprotkan materi bakar, kapan waktu yang sempurna semburan injektor yang tepat, serta memilih kapan pengapian masing-masing silinder harus diberikan.
Dengan adanya sensor-sensor inilah maka kinerja mesin jadi lebih optimal, efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca juga:
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
1. IAPS
IAPS Sensor |
2. MAP
MAP Sensor |
Di mana info ini akan menjadi contoh ECM (Engine Control Module) memilih banyak dikitnya materi bakar yang akan disemprotkan injektor semoga dosis udara dan materi bakar selalu ideal.
Namun, untuk motor Honda injeksi versi 4 atau step 4 menyerupai motor Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI, sensor MAP-nya sudah digantikan dengan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) dan O2 Sensor (baca juga).
.
3, CKP
CKP Sensor |
Sensor ini akan memilih berapa usang injektor akan menyemprotkan materi bakar, kapan waktu yang sempurna semburan injektor yang tepat, serta memilih kapan pengapian masing-masing silinder harus diberikan.
Dengan adanya sensor-sensor inilah maka kinerja mesin jadi lebih optimal, efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca juga:
- Mengenal Sensor Intake Air Temperature (IAT)
- Daftar Kode FiDT, YDT dan Kode MIL Motor FI Yamaha
- Jalur Soket Kiprok Mio J & Mio Karbu
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Share this Article