Jupite MX King 150 |
Generasi pertama Jupiter MX 135 itu mulai tahun 2005-2010
Jupiter MX 135/LC135 |
Jupiter MX 135 generasi pertama ini sudah menggunakan teknologi DiASiL cylinder dan porged piston, berpendingin cair atau sudah menggunakan radiator. Pada Karbuartor-nya sudah dilengkapi TPS (throttle position sensor).
Generasi ke dua atau New Yamaha Jupiter MX 135 (2010-2015)
New Jupiter MX 135 |
Dari body depan bisa dilihat yang temengnya lebih meruncing ke bawah, lampu sein dan lampu senja didesain lebih sipit. Sayap lebih melengkung semoga lebih ramah dengan kaki. Body belakang lebih tajam dibalut lampu belakang lebih meruncing.
Generasi ke dua Yamaha jupiter MX ini mempunyai tenaga yang lebih besar dari generasi pertama. Mesinnya mengunakan mesin 135 cc 4 valve berpendingin cair, dengan tenaga 12,34 dk @8.000 rpm. Generasi ke dua Yamaha Jupiter MX ini terdapat 2 varian, adalah ada yang yang menggunakan 4 percepatan kopling otomatis dan 5 percepatan kopling manual.
Pada New Jupiter MX 5 percepatan ini sudah menggunakan velg ukuran 2.15 inci, dengan ban ukuran 100/70-17. Sudah menggunakan pengereman cakram depan dan belakangnya.
Generasi ke tiga atau Yamaha Jupiter MX 150 (2015-Sekarang)
MX 150 |
Adanya fitur LED position light yang terinspirasi dari sport LED taillight yang mengadopsi milik YZF-R25. Dengan ke dua fitur pencahayaan ini maka diyakini bisa menguatkan roh sportif pada Yamaha Jupiter MX generasi ke tiga ini.
Untuk kaki-kakinya pada ban belakang sendiri sudah menggunakan ban ukuran 120/70-17 dan ban depan pakai ukuran 70/90-17. Untuk pengereman sudah menggunakan cakram depan dan belakangnya. Pada generasi ke tiga ini cakram depannya lebih besar dari generasi pertama dan ke dua, adalah disknya sudah menggunakan ukuran 245 mm.
Selain itu di bab mesin juga mengalami perubahan mulai dari tapilan, cc dan tenaganya. Mesin Jupiter MX generasi ke tiga ini menggunakan mesin 150cc SOHC 4 valve berpendingin cair. Untuk piston dan blok silinder masih menggunakan teknologi porged dan diasil cylinder. Tenaganya bisa menghasilkan 11,3 kW @8.000 rpm dan maksimal torsi 13.8 Nm @7.000 rpm. Pada varian Jupiter MX 150 ataupun MX King 150 keduanya sama-sama menggunakan transmisi 5 percepatan kopling manual.
Berikut spesifikasi Yamaha Jupiter MX 150:
Mesin
Tipe mesin | liquid cooled 4-stroke,SOHC |
Jumlah/posisi silinder | Single cylinder/Tegak |
Diameter x langkah | 57,0 x 58,7 mm |
Rasio kompresi | 10,4 : 1 |
Daya maksimum | 11,3 kW @8.000 rpm |
Torsi maksimum | 13,8 Nm @7.000 rpm |
Sistem starter | Elektrik starter dan kick starter |
Sistem pelumas | basah |
Kapasitas oli mesin | Total = 1,15 L ; terjadwal 0,95 L ; ganti filter oli = 1,00 L |
Sistem materi bakar | Fuel injection |
Tipe kopling | Basah, kopling manual, multiplat |
Tipe transmisi | Constant mesh, 5 percepatan |
Dimensi
P x L x T | 1970mm x 670mm x 1080mm |
Jarak sumbu roda | 1290mm |
Jarak terendak ke tanah | 135mm |
Berat isi | 116 kg |
Kapasitas tangki materi bakar | 4,2 L |
Rangka
Tipe rangka | backbone |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Swingarm |
Ban depan | 70/90-17 |
Ban belakang | 120/70-17 |
Rem depan | Single disc brake |
Rem belakang | Single disc brake |
Kelistrikan
Sistem pengapian | TCI |
Battery | GTZ4V / YTZ4V |
Tipe busi | NGK/CR8E |
Harga Yamaha Jupiter MX 150 ini Rp. 18,9 juta (OTR) dan 23.870.000,- untuk Jupiter MX King 150 (OTR).
Pada Jupiter MX King 150 2020 lampu utamanya sudah menggunakan lampu LED, Speedometer sudah full LCD sehingga terkesan modern dan informatif bagi pengendara dan dilengkapi juga lampu hazard.
Bca juga:
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Share this Article