Wiring Sensor Ect Honda Cb150r

Kamis, 14 November 2019 : November 14, 2019

0 comments

ECT atau Engine Coolant Temperature adalah sensor temperatur cairan pendingin mesin, yang mana ECT ini berfungsi untuk menawarkan sinyal untuk menghidupkan kipas radiator ketika mesin sudah panas.

Jika kipas radiator tidak menyala ketika suhu mesin sudah tinggi maka ada 2 kemungkinan kerusakan yaitu dapat dari kipas radiatornya yang rusak atau dari ECT yang bermasalah.

Pembacaan dari ECT ini juga akan dikirim ke ECU (Electronic Control Unit), yang mana data dari ECT ini akan dipakai untuk menyesuaikan injeksi materi bakar dan waktu pengapian.

Jalur Kabel ECT Honda CB150R

  1. Kabel hijau strip orange merupakan massa atau ground
  2. Kabel hijau strip biru, vvc/catu daya 5 volt dari ECU menuju ECT
  3. Kabel kuning strip biru, tegangan out dari ECT yang mengikuti suhu air radiator. Jika suhu air radiator masbodoh maka tegangan ada di sekitar 2,5 volt. Trus jikalau suhu air radiator naik atau panas maka nilai voltasenya akan turun dan batas minimal voltasenya ketika suhu sudah mencapai di 105 derajat celcius itu ada di 0,5 volt dan kipas radiator akan menyala.
Foto nomor 1 itu voltasenya 0,6 pada ketika mesin on dan kondisi mesinnya masih masbodoh dibawah 100 derajat celcius. Dan foto nomor 2 itu mengambarkan voltasenya mengalami penurunan yakni 0,5 volt, pada ketika ini suhu mesin sudah naik hingga 105 derajat celcius.

Pada ketika inilah kipas radiator akan berputar untuk melaksanakan pendinginan suhu radiator semoga suhu mesin menjadi turun kembali.

Baca juga:


Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com