Sebelumnya Apa itu CDI?
CDI atau Capacitor Discharge Ignition ialah sebuah komponen yang berperan sangat penting dalam sebuah mesin, yang mana CDI berfungsi untuk mengatur waktu percikan api busi. CDI sendiri dibantu Pulser yang bekerja sebagai sensor posisi piston. Sinyal dari pulser akan memberi sinyal SCR pada CDI motor yang akan terbuka, sehingga secara otomatis CDI akan menghempaskan arus yang ada di dalam kapasitor.
Arus tersebut selanjutnya dikirim ke koil (Sebagai pelipat tegangan), kemudian dikirim lagi ke busi untuk dipercikan ke ruang bakar.
Dengan sistem pengapian CDI ini terbukti lebih baik dibanding sistem pengapian konvensional ibarat memakai platina.
Dengan memakai pengapian CDI maka tegangan yang dihasilkan jauh lebih besar (sekitar 40 KV) dan juga stabil, sehingga proses pembakaran adonan besin dan udara dapat berpeluang makin sempurna.
Dengan hasil pembakaran yang lebih baik ini maka endapan kabon di busi dapat dikurangi.
CDI motor itu ada 2 tipe, CDI AC dan CDI DC, yang sudah aku jelaskan di sini.
Nah itulah sedikit klarifikasi damai CDI motor.
Kali ini aku akan membagikan Soket CDI dari banyak sekali pabrikan, siapa tahu kalian membutuhkannya maka lihatlah daftar di bawah ini:
1. Honda
#A. Honda Karisma 125
Keterangan:
- Koil
- Massa atau Ground
- 12 Volt
- Pulser
#B. Honda Kirana
Keterangan:- 12 Volt
- Pulser
- Massa atau Ground
- Koil
#C. Honda Sonic 125
Keterangan:- 12 Volt (+)
- Pulser
- Massa atau Ground (-)
- Koil
#D. Honda Supra Series (Supra Fit, Supra)
Keteranga:- Massa atau ground (-)
- Pulser
- Kunci Kontak
- Spul Input
- Koil
#E. Honda Mega Pro
Keterangan:- Massa atau Ground
- Pulser
- Koil
- Nol
- 12 Volt
- Nol
#F. Soket Honda Tiger 2000
Keterangn:- Massa atau Ground
- Pulser
- Koil
- Massa atau Ground
- Spul
- Kunci Kontak (12 volt)
#G. Honda CBR 150
Keterangan:- 12 Volt (+)
- Pulser
- Tachometer
- Massa atau Ground
- Koil
#H. Honda Vario 110
Keterangan:- 12 Volt
- Starter
- Pulser
- Nol
- Massa Temp
- Massa F/S
- Relay
- Cooke
- Nol
- Koil
- Nol
- Nol
- Nol
- Temp
- Nol
- Nol
- Foot Switch
- Temp Indikator
2. Yamaha
#A. Yamaha Jupiter MX usang dan Baru
Keterangan:- Massa
- Nol
- Massa
- 12 Volt
- Massa
- Temp
- Pulser
- Koil
- Nol
- Indikator
- Nol
- Fan atau Kipas
#B. Yamaha Mio New (2009),New Jupiter z dan Vega ZR
Keterangan:- Pulser (kabel warna merah)
- NC
- Koil (kabel Orange)
- 12 Volt (Kabel coklat)
- Massa atau Ground (kabel hitam)
- Pulser (kabel putih)
#C. Yamaha Jupiter Z, Mio dan Nouvo (Generasi yang lama) yang aba-aba CDInya 5TL, 5LW
Keterangan:
- Koil (Kabel orange)
- Massa (Kabel hitam)
- 12 Volt (Kabel coklat)
- Massa (Merah)
- Pulser (Kabel putih)
- Nol
#D. Yamaha F1ZR
Keterangan:
- Koil (Kabel orange)
- Massa (Kabel hitam)
- Input Spul (Kabel Hitam-Merah)
- Kunci Kontak (Kabel Hitam-Putih)
- Massa (Kabel Hijau-Putih)
- Pulser (Putih-Biru)
- Massa (Putih-Merah)
#E. Yamaha RX King
Keterangan:- Koil (Kabel Orange)
- Massa (Kabel Hitam)
- Input Spul (Hitam-Merah)
- Kunci Kontak (Hitam-Putih)
- Pulser (Putih-Hijau)
SUZUKI
#A. Suzuki Shogun 110
- Massa atau Ground
- Pulser
- Koil
- Nol
- 12 Volt
- Nol
#B. Suzuki Shogun 125
- Massa atau Ground
- Pulser
- Koil
- Nol
- 12 Volt
- Nol
#C. Suzuki Smash
- Koil
- Massa atau Ground (-)
- Pulser
- Massa atau Ground (-)
- Nol
- 12 Volt (+)
Keterangan soket CDI
- Koil
- Massa atau Ground (-)
- Nol
- Pulser
- Nol
- 12 Volt (+)
#E. Suzuki Satria F150
Keterangan soket CDI:- Koil (Kabel warna Putih - Biru)
- Massa atau Ground (Hitam - Putih)
- Pulser (Biru - Kuning)
- Massa atau Ground (Hijau - Putih)
- Tachometer
- 12 Volt (Orange)
#F. Suzuki Thunder 125 (2004 - 2005)
Keterangan:
- Kosong
- Kosong
- kosong
- Koil (Kabel Putih)
- Saklar Engine Stop (Orange - Putih)
- Massa atau Ground (Hitam - Putih)
- Pulser (Biru)
- Kosong
#G. Suzuki Thunder 125 (2006 - 2010)
Keterangan:
- Bendik Starter (Kabel Hitam)
- Koil, soket atas (Hitam-Kuning)
- Kosong
- Koil, soket bawah (Putih)
- Saklar Engine Stop (Orange - Putih)
- Massa, (Hitam - Putih)
- Pulser (Biru)
- Indikator Gigi 3 (Hijau - Biru)
#H. Suzuki Thunder 250
Keterangan:- Massa atau Ground (-)
- Nol
- 12 Volt (+)
- Koil
- Nol
- Nol
- Massa atau Ground (-)
- Pulser
#I. Suzuki Satria 120R
Keterangan:
- 12 Volt (Hijau - Putih)
- Nol
- Pulser (Biru - Kuning)
- Massa (Hitam - Putih)
- Massa (Orange)
- Koil (Putih - Biru)
KAWASAKI
#A. Kawasaki Kaze 130
Keterangan:- Massa atau Ground (-)
- Koil
- Pulser
- Nol
- Nol
- Nol
- Tachometer
- 12 Volt (+)
#B. Kawasaki Ninja R Super KIPS
Keterangan:- Kabel warna Hitam - Putih, Engine Stop di Kunci Kontak
- Biru - Putih, 12 Volt
- Putih - Hijau, Pulser
- Putih - Merah, Pulser
- Hitam - Kuning, Massa atau Ground (-)
- Putih, Koil
#C. Kawasaki Kaze 110
Keterangan:- Merah - Hitam, Koil
- Hitam - Merah, Spul
- Hitam - Putih, Kunci Kontak
- Hitam - Kuning, Massa (-)
- Biru - Kuning, Pulser
Baca juga:
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Share this Article