Kiprok merupakan sebuah komponen kelistrikan yang ada di sepeda motor, yang mana kiprok ini berfungsi sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki dan komponen lainnya yang ada di sepeda motor .
Keterangan:
Karena arus yang masuk ke aki ataupun ke komponen kelistrikan lainnya harus stabil, dihentikan rendah ataupun tinggi. kalau arus yang menuju ke aki terlalu besar maka akan terjadi overcharger dan kalau arusnya terlalu kecil maka dapat bikin tekor akinya.
Kiprok juga berfungsi sebagai penyearah arus dari AC ke DC, yang mana arus AC dari spull yang berupa arus AC akan diubah di kiprok menjadi arus DC.
Intinya kiprok pada motor itu berfungsi sebagai penyearah atau Rectifer dari AC (alternating Current) ke DC (Direct current) dan penstabil arus.
Jalur Soket
Keterangan:
- Kabel warna merah merupakan kabel konkret (+) 12 volt menuju aki
- Kabel warna kuning, kabel lampu (+)
- Kabel warna putih merupakan pengisian dari spull
- Kabel warna hitam merupakan kabel ground/massa dari spul(-)
Note:
kalau dikala rpm diatas 3.000 rpm pengisian 14,xx volt itu artinya pengisiannya normal ya. New Vixion Lightning dan Mio J ini kalau akinya dilepas maka mesin bakal mati ya.
Karena New Vixion Lightning dan Mio J ini di dalam kiproknya ada AVR ia tidak akan bekerja kalau aki tidak terpasang. Karena aki dipakai sebagai umpan balik dan juga sekaligus meminimalisir kerusakan kiprok kalau terjadi drop pada aki.
Kiprok Vixion Old
Keterangan:- Positif (+) Aki, kabe warna merah
- Ground atau massa, kabel warna hitam
- Output dari spul, kabel warna putih
- Output dari spul, kabel warna putih
- Output dari spul, kabel warna putih
Kiprok R15
Keterangan:
- Massa atau Ground (-), kabel hitam
- Output spul, kabel warna putih
- Positif ke aki (+) kabel warna merah
- Output spul, kabel warna putih
#Catatan
Spull R15 dan Vixion new itu tipe spul 2 phase, sedangkan spul vixion usang itu 3 phase.
Baca juga:
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Share this Article