Penjelasan Warna Kabel Kiprok Berbagai Motor
Kiprok motor Yamaha |
Seperti yang aku jelaskan sebelumnya fungsi kiprok sebagai pengatur arus listrik yang dihasilkan oleh altenator yang berupa arus AC kemudian mengubahnya menjadi arus DC.
Sementara pada sepeda motor membutuhkan keliatrikan yang berarus DC, sehingga penempatan kiprok ini sangat diperlukan.
Arus DC ini akan disimpan oleh aki motor dan kemudian akan disebar utuk kebutuhan sistem beban ibarat klakson, lampu utama, lampu sein, elektrik starter, dan lain sebagainya yang membutuhkan arus listrik.
Baca juga: 25+ Daftar Soket CDI Berbagai Motor
Diberbagai brand sepeda motor yang beredar di pasaran pada umumnya Soket dan Warna Kabel Kiprok tidaklah sama, baik itu dari pabrikan Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki.
Namun sistem kerjanya masih terbilang sama, dan kalau diteliti kita juga dapat mengaplikasikan kiprok punya motor lain yang berbeda pabrikan. Misalnya kiprok motor Yamaha dipasang di motor Honda, atau yang lainnya.
Baca juga:
#1 Bisakah Kiprok NMAX diaplikasikan ke Motor Lain?
#2 Kiprok KLX 150 Mulai Lemah, Coba Pakai Kiprok Milik Yamaha
Dan berikut susunan warna kabel pada soket kiprok banyak sekali jenis pabrikan motor dan fungsinya biar menghindari salah sambung yang berakibat fatal.
# 1. Yamaha
- Kabel warna merah menghubungkan arus output dari kiprok yang berbentuk DC ke baterai
- Kabel warna kuning terhubung ke beban ibarat lampu
- kabel warna putih ini terhubung ke arus pengisian (spull), di sini arus AC akan masuk ke kiprok
- Kabel warna hitam terhubung ke massa
- Kabel warna merah merupakan arus output kiprok menuju baterai untuk melaksanakan pengisian baterai
- Kabel warna kuning terhubung ke beban ibarat lampu utama, sein, serta kelistrikan lainnya
- Kabel warna putih terhubung kepengisian dari altenator atau spull
- Kabel warna hijau terhubung ke massa.
- Kabel warna merah merupakan arus output kiprok menuju baterai untuk melaksanakan pengisian baterai
- Kabel warna kuning terhubung ke beban ibarat lampu utama, sein, serta kelistrikan lainnya
- Kabel warna putih terhubung kepengisian dari altenator atau spull
- Kabel warna hijau terhubung ke massa.
Pada pabrikan Kawasaki ada sedikit perbedaan dari ketiga pabrikan motor diatas ada satu terminal yang terhubung ke baterai namun pada motor Kawasaki versi usang tidak dilengkapi dengan baterai, sehingga satu terminal eksklusif terhubung ke spul.
- Kabel warna merah strip putih terhubung kearus pengisian
- Kabel warna kuning dihubungkan ke beban ibarat lampu serta kelistrikan lainnya
- Kabel warna putih terhubung ke spull
- Kabel warna hitam terhubung ke massa.
Demikian artikel mengenai fungsi warna kabel pada kiprok sepeda motor, semoga artikel ini bermanfaat. Kalau ada salah kata mohon maaf.
Terimakasih sudah mampir
Share this Article