Cara membuat bootable linux di flashdisk

Rabu, 15 Februari 2017 : Februari 15, 2017

0 comments

pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang, "Gimana sih cara buat bootable linux?"
pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang Cara membuat bootable linux di flashdisk
sebelum saya memulia tutorialnya, lebih baik saya jelaskan apa itu bootable?
bootebale adalah sebuah metode installasi sistem operasi menggunakan USB/Flashdisk. jadi kita tidak perlu CD/DVD lagi. cukup menggunakan sebuah flashdisk kita bisa mengisntall sistem operasi linux maupun windows

disini saya akan menggunakan Linux Mint untuk membuat bootable linux.pada dasarnya hampir sama gan bootable linux dan windows. letak perbedaanya hanya terdapat pada proses download syslinux pada saat membuat bootable di rufus. jadi kita harus dipaksa online gan hahaha... tapi tenang hanya dikit kok syslinuxnya , tidak ada 1 mb .

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Flashdisk (minimal 4 Gb)
  2. File ISO Linux
  3. Koneksi Internet (untuk download SYSLINUX)
  4. Rufus
Langkah-langkah :
  1. Pertama download dulu rufus-nya Disini 
  2. Tancapkan Flashdiskmu, kemudian buka rufus-nya tadi 

  3. Pilih flashdisk yang ingin kamu buat bootable, ganti formatnya menjadi FAT32.  
    pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang Cara membuat bootable linux di flashdisk
  4. Ambil file ISOnya kemudian tekan "Start". jika muncul peringatan tekan "yes" saja 
    pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang Cara membuat bootable linux di flashdisk
  5. klik Start untuk memulai membuat bootable. biasasnya otomatis rufus akan meminta file syslinux , pilih saja Yes (pastikan konek internet) 
    pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang Cara membuat bootable linux di flashdisk
  6. Klik Ok untuk melanjutkannya. dan tunggu prosesnya sampai selesai
    pada hari ini saya akan menjawab pertanyaan agan tentang Cara membuat bootable linux di flashdisk
  7. Jika sudah selesai, close dan bootable siap untuk digunakan gan hehehe 😁
itulah cara membuat bootable linux menggunakan rufus, bedanya dengan windows hanya kita perlu download GRUBnya saja (syslinux). demikian gan tutorial saya kali ini . semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com