Jenis-Jenis Jaringan Komputer Dan Penjelasannya

Kamis, 16 Februari 2017 : Februari 16, 2017

0 comments

Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua buah komputer yang saling terhubung dan saling berinteraksi melalui media transmisi dengan tujuan biar sanggup membuatkan data atau perangkat keras, menyerupai printer, scanner, dll. Jaringan komputer dibangun memakai topologi tertentu tergantung jenis jaringan yang akan dibuat.

Jaringan komputer dipakai untuk memudahkan user dalam melaksanakan pekerjaan di dalam lingkungan yang menuntut setiap user saling berkomunikasi. Selain untuk komunukasi, jaringan komputer juga dipakai untuk sharing perangkat. Dengan melaksanakan sharing perangkat, setiap user sanggup memakai sumber daya yang sama. Hal ini tentu saja menciptakan penggunaan device menjadi lebih maksimal dan menekan biaya pengadaan perangkat. 

Jenis-jenis jaringan komputer


Berdasarkan letak geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi beberapa jenis :

LAN 

 Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua buah komputer yang s Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya


LAN atau Lokal Area Network yakni jaringan yang meliputi area yang kecil, contohnya kelas, sekolah, gedung, kantor, atau warnet. LAN dipakai untuk menghubungkan setiap node dan juga sanggup dipakai untuk melaksanakan file sharing ataupun share device dengan gampang ke setiap node  dalam jaringan yang sama.

Kebanyakan LAN yakni jaringan kabel dengan memakai kabel UTP Straight yang dihubungkan ke hub/switch yang mempunyai kecepatan transfer 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain memakai media fisik, jaringan LAN juga sanggup dibangun memakai teknologi nirkabel, yaitu wireless.

MAN

 Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua buah komputer yang s Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya


MAN atau Metropolitan Area Network yakni jaringan yang lebih besar dari LAN, meliputi suatu tempat atau kota tertentu. Bisa dibilang jaringan MAN yakni adonan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan MAN cocok dipakai untuk menghubungkan perkantoran, gedung, kampus, ataupun instansi pemerintahan yang masih berada di satu kota. 

WAN

 Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua buah komputer yang s Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Penjelasannya


WAN atau Wide Area Network yakni jaringan yang sanggup menghubungkan antar negara, bahkan benua. WAN terdiri dari banyak sekali jaringan yang saling terhubung. Internet yang kita gunakan ketika ini yakni teknologi WAN. Dengan internet, kita sanggup saling bertukar data dan berkomunikasi dengan orang yang jauh di sana hanya lewat depan layar. 


Demikian klarifikasi mengenai jenis-jenis jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Macam-Macam Topologi Jaringan Beserta Gambarnya

Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com