Nugget Alphabet So Good & Piring Gizi Seimbang

Selasa, 28 Februari 2017 : Februari 28, 2017

0 comments

Nugget Alphabet So Good & Piring Gizi Seimbang - Anak-anak dan nugget itu kenapa ikrib banget ya? Kalau udah lihat ada stok nugget di kulkas, langsung girang.

"Bunda, abis beli nugget?" pekik Falda dengan wajah berbinar-binar.

"Iya, buat stok"

"Yeaaay, kapan mau dimasak bund?" sahut Falda sambil joget-joget.

"Sabar ya, hari ini kita makan ayam goreng sama sop dulu ya"

"Yaaaaa" sahut Falda dengan bibir ditekuk

Saya tahu, Falda kecewa berat. Pasti dia sudah membayangkan, bisa makan nugget favoritnya.

Ssst, sebenarnya diam-diam saya sedang menyiapkan kejutan untuknya. Cuma, saya ga mau diinterupsi dengan permintaan ini itu. 

Minta nuggetnya kudu begini lah, kudu begitu lah. Sayurnya ga mau yang ini lah, itu lah. Buahnya harus yang ini, bukan yang itu. Huaaa pusing. Emangnya restoran? *grrrhhh.

Akhirnya sengaja bikin gundah dulu ;).

Saya keluarkan sebungkus Nugget Alphabet So Good kemasan 400gr yang sudah diturunkan ke kulkas bawah. Ambil beberapa huruf yang akan disukai. A, M , F, B, X, dan seterusnya. Lalu goreng.




Saya siapkan semuanya dalam menu piring gizi seimbang

Sebagai pelengkap gizi, saya siapkan tumis tauge yang murah meriah mewah, sayur yang disukai anak-anak. Plus tomat  cherry sebagai buah.

Bikin tumis tauge gampang banget, anak-anak pun bisa *kedip. Jangan diketawain ya saya share beginian, siapa tahu tumis yang saya buat ini beda.


Tumis Cabe Tauge


Bahan :
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1 tomat
1-2 cabe merah keriting / cabe rawit
1 lembar daun salam
1-2 genggam tauge, cuci bersih
1 sendok teh minyak sayur atau 
margarin
50 ml air / kaldu
Gula
Garam

Cara Memasak :

1. Iris-iris bawang merah dan putih, tomat, cabe merah. Cuci tauge

2. Tumis bawang, tomat, cabe dengan sesendok teh minyak atau mentega.

3. Setelah wangi, masukkan air dan daun salam, biarkan mendidih.

4. Masukkan tauge, masak sekitar 2-3 menit sambil diaduk.

5. Setelah hampir matang (jangan sampai layu), tambahkan garam dan gula secukupnya (1:4), matikan api, tata dan sajikan di piring.

Sayur tauge ini adalah sayur paling sederhana yang bisa dengan murah didapat. Cukup beli 2000, sudah bisa makan sekeluarga sampai malam.

Tauge bagus untuk kulit lho, mengandung vitamin E dan antioksidan, jadi bisa membantu menghaluskan kulit dan mencegah penuaan dini. 

"Huaaa, bunda, ini udah boleh dimakan?" tanya Falda menatap saya penuh harap.


Piring Gizi Seimbang


Bertahun-tahun otak saya terpatri pada pedoman gizi, empat sehat lima sempurna. Padahal, pedoman gizi ini udah lama banget berganti pedoman yang baru, Gizi Seimbang yang dikeluarkan Kemenkes. 

Pedoman Gizi seimbang ini memberikan porsi lebih pada konsumsi sayur dan buah. Nyaris 50% dari komposisi sebuah piring makan.

Dalam satu piring, hendak lah terdiri dari 15% protein, 35% karbohidrat, 35% sayur, dan sisanya 15%, buah.

sumber : http://sogood.id/apa-itu-gizi-seimbang/




Untuk memenuhi kebutuhan protein, saya menyiapkan protein hewani seperti daging ayam, sapi, ikan, seafood dalam berbagai olahan. 

Saya olah menjadi ayam semur, teriyaki daging, ikan balado, atau yang sederhana, tumis cumi. Sisanya saya serahkan ke ahlinya, So Good. Wkwkwkwk. Emak pemalesan.

Baca : ayam semur

Mengingat pentingnya asupan protein, yang harus selalu dikonsumsi setiap hari, saya perlu memastikan tersedianya berbagai olahan protein. So, menyiapkan variasi menu protein untuk sehari-hari adalah wajib!

Baca : Pentingnya protein


So, kalau lagi mati ide, ya udah, ambil jalan pintas, stok so good. Hahaha.

Maklum lah, variannya banyak. Mulai yang siap masak macam nugget, bakso, sosis, kaarage, sampai ayam potong. 

Favorit saya, stok ayam potong sop So Good. Ini biasanya saya gunakan untuk membuat kaldu, entah untuk sayur sop atau tumis-tumisan.

Tapi ya, demi anak-anak, saya kudu stok yang siap olah macam nugget alfabet yang kadang suka dijadiin mainan sama Falda.

"Bund, ini huruf x bisa buat kali-kalian juga"
atau
"Bund, ini huruf R atau P, hayooo" tanya Falda sambil cengar cengir, tangannya bergerak cepat memotong ujung kanan kaki huruf.
"Huruf R lah"
"Salah, P, ini kan jadi P" tunjuk Falda dengan bangga

Karep mu wis *balik badan

Sumber https://dapurbunda3f.blogspot.com/
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com