Konfigurasi Nstreme, Nv2, Dan Vap Di Mikrotik | Wireless Protocol

Minggu, 30 September 2018 : September 30, 2018

0 comments

Konfigurasi Data Rate dan Channel Bonding di MikroTik.Sekarang kita akan mencoba untuk konfigurasi Nstreme, NV2, dan VAP pada bab Wireless Protocol.Untuk topologinya yaitu sebagai berikut :


Nstreme
Sebenarnya sob, Selain menggunakan protokol standart 802.11 untuk konektivitas wireless, MikroTik berbagi sebuah protokol gres yang diakui sanggup meningkatkan kualitas link perngakat yang terkoneksi. Protokol tersebut yaitu Nstreme dan Nv2 (Nstreme v2). Kedua protokol tersebut merupakan Proprietary Protocol yang mana hanya disupport oleh sesama perangkat MikroTik saja. Untuk koneksi perangkat via wireless terutama koneksi jarak jauh selain menggunakan protokol standart (802.11), kita sanggup mencoba menggunakan protokol Nstreme sebagai alternatif untuk mendapat koneksi yang lebih stabil. Selain itu protokol Nstreme sendiri telah dikembangkan lagi dan muncullah Nv2 (Nstreme v2).Dengan demikian, point penting yang sanggup kita ambil yaitu :
  • Nstreme yaitu wireless protocol yang MikroTik's proprietary (protocol yang tidak kompatibel dengan vendor lain), yang digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja jaringan wireless point-to-point
  • Hanya sanggup diaktifkan di AP dan Client Mikrotik, tidak disupport oleh perangkat wireless merk lain.


Untuk Topologinya yaitu sebagai berikut :

Oke, langkah pertama kita harus mengaktifkan si Nstreme ini.Caranya masuk ke Wireless > Interface wlan1 > Advanced Mode > Nstreme > Enable Nstreme > Apply.Jangan lupa aktifkan Nstreme juga pada Router Station sob!

Kalau sudah diganti dan tidak mau running, caranya teman rubah dulu Band pada AP menjadi B/G/N, kemudian koneksikan ulang SSID AP di Station.Selanjutnya coba teman test bandwidth lagi pada interface wlan di AP dan Station.

NV2
• Nv2 yaitu wireless protocol yang dikembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips.
• Nv2 based on TDMA (Time Division Multiple Access)
• TDMA media access technology mengatasi problem hidden node, sehingga meningkatkan throughput dan latency khususnya untuk PtMP radio networks.
• Setiap client wireless hanya diperbolehkan melaksanakan pengiriman data menurut waktu-waktu yang ditentukan secara bergiliran.

Nah, untuk mengaktifkan si NV2 ini caranya kita masuk ke Wireless > Interface wlan1 > Wireless > Wireless Protocol > nv2. Lakukan cara ini di router AP dan Station ya sob!

Kemudian kalau sudah bisa, kita test bandwidth lagi di router AP dan router client dan lihat perbedaannya.

VAP
• Virtual Access Point (VAP) interface digunakan untuk menciptakan AP pemanis dari satu interface wireless yang ada di mikrotik ibaratnya mirip Hotspot sob!
• Virtual AP dianggap sebagai interface wireless yang independen dan sanggup mempunyai konfigurasi berbeda : 
– SSID
– Mac-Address 
– IP Address 
– WDS
– Security Profile
• Sedangkan untuk konfigurasi wireless Mode, Band, Frequency serta Nstreme tetap mengambil dari interface wireless master.
• Bisa diibaratkan mirip VLAN di wireless.

Oke, untuk konfigurasinya masuk ke Wireless > Interface > Add > Virtual.

Kemudian masuk ke tab Wireless, nah untuk SSID ini sebetulnya bebas sesuai kebutuhan sob, tapi master interface teman sanggup pilih wlan1 saja, kecuali jikalau router teman memilik 2 wlan, maka sanggup pilih yang mana yang ingin dipakai.

Disini Admin juga melaksanakan percobaan mengenai berapa limit dari VAP yang sanggup kita buat, dan ternyata limitnya yaitu 128 VAP sob! jadi nanti ketika teman mau test juga berapa banyak, dikala pembuatan VAP ke 128 akan muncul pemberitahuan mirip dibawah ini

Oke, mungkin itu aja sih yang sanggup Admin share ke sobat.Sampai ketemu di beberapa postingan selanjutnya yang pastinya berafiliasi dengan MikroTik dan sayang untuk dilewatkan! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com