Konfigurasi Data Rate Dan Channel Bonding Di Mikrotik | 802.11N Specific Settings

Sabtu, 29 September 2018 : September 29, 2018

0 comments

Konfigurasi WEP dan WPA di MikroTik.Sekarang kita akan mencoba untuk konfigurasi Data Rate dan Channel Bonding yang merupakan salah satu hal penting untuk check data paket yang masuk.Beberapa point dan topologi yang perlu diperhatikan pada Data Rate ini ialah sebagai berikut :


Data rate ialah sebuah nilai yang menggambarkan seberapa banyak data digital yang sanggup dipindahkan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam satuan detik.
• Rate flapping terjadi alasannya ialah naik turunnya data rate (rate jump)
• Rate flapping sanggup dicegah dengan menentukan data rate yang lebih
rendah supaya link lebih stabil.

Pertama, masuk ke Wireless > Interfaces wlan1.Kemudian masuk ke Advanced Mode > Data Rates.Kemudian setting ibarat gambar dibawah ini sebagai pola konfigurasi.Kalau sudah Apply > Ok.

Kalau sudah, kita coba test bandwidth melalui router station.Caranya masuk ke Tools > Bandwidth Test.Masukkan IP PTP dari Router AP kemudian isi juga user dan password kemudian Start dan kita sanggup lihat bahwa Bandwidth yang didapat tidak lebih dari 2mbps.

Kemudian ada juga Channel Bonding.Kita sanggup ubah ke Frequency yang tepat, supaya sanggup mengoptimalkan penggunaan jaringan, disini kita sanggup coba di 20/40Mhz Ce.Dalam hal ini tidak sanggup semua channel width sanggup dipakai dalam segala kondisi, oleh alasannya ialah itu perlu konfigurasi yang sempurna supaya sanggup ganti-ganti Channel Bonding ini.


Oke, itulah untuk Konfigurasi Data Rate dan Channel Bonding di MikroTik, untuk selanjutnya Admin akan membahas untuk MikroTik Wireless Protocol.Sekian, jika ada yang ingin ditanyakan sanggup pribadi ketik di kolom komentar.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com