Konfigurasi Wep Dan Wpa Di Mikrotik | Wireless Security And Encryption

Sabtu, 29 September 2018 : September 29, 2018

0 comments

Mac Address Filtering di MikroTik.Sekarang kita akan mencoba untuk konfigurasi WEP dan WPA yang merupakan basis security untuk wireless di router MikroTik.Beberapa point dan topologi yang perlu diperhatikan pada Wireless Security dan Encryption ini yakni sebagai berikut :

Karena sifat dari wireless yang “open access” maka sebuah access point akan rentan terhadap serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

• Sudah saatnya untuk mengimplementasikan Wireless Security untuk menjaga AP tersebut dari banyak sekali serangan.
• Untuk pengamanan koneksi wireless, tidak hanya cukup dengan
MAC-Filtering, alasannya yakni data yang lewat ke jaringan sanggup diambil dan dianalisa.
• Terdapat metode keamanan lain yang sanggup dipakai yaitu: 
– Authentication (WPA-PSK, WPA-AEP) 
– Enkripsi (AES, TKIP, WEP) 
– Tunnel

WEP
WEP (Wired Equivalent Privacy) merupakan tipe wireless security yang pertama kali muncul dan masih sangat sederhana, oleh alasannya yakni itu jenis ini tidak di rekomendasikan untuk security alasannya yakni tidak kondusif dan sanggup di hack.
• Tidak memiliki authenticate method
• Not recommended as it is vulnerable to wireless
hacking tools

Untuk konfigurasinya, pertama masuk ke Wireless > Security Profile.Klik Add, lalu isi Name sesuai kebutuhan, disini saya beri nama WEP dan Mode nya Static Keys Optional saja.


Masuk ke sajian Static Keys, di Key 0 pilih 40bit wep dan key nya diisi dengan full angka semua.

Kemudian, pada router AP kita masuk ke Interface wlan1 dan ubah security profile yang sudah kita buat tadi.Jangan lupa aktifkan juga Default Authentication biar client sanggup saling ping.

Jangan lupa lakukan hal yang sama yaitu buat security profile juga di Router Station, lalu koneksikan ke SSID Router AP.



WPA
Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP.WPA ini lebih secure dibanding WPA alasannya yakni yaa, sudah niscaya pengembangan dari WPA.
• WPA dianggap lebih kondusif alasannya yakni sulit ditembus
dengan metode sederhana.

Untuk konfigurasinya, pertama masuk ke Wireless > Security Profile.Klik Add, lalu isi Name sesuai kebutuhan, disini saya beri nama WPA dan Mode nya dynamic keys saja.Kemudian isi juga password untuk WPA ini (bebas) di kolom WPA Pre-Shared Key dan WPA2 Pre-Shared Key

Kemudian, pada router AP kita masuk ke Interface wlan1 dan ubah security profile yang sudah kita buat tadi.

Jangan lupa lakukan hal yang sama yaitu buat security profile juga di Router Station, lalu koneksikan ke SSID Router AP.


Oke, itulah untuk Konfigurasi WEP dan WPA di MikroTik, untuk selanjutnya Admin akan membahas untuk 802.11n specific settings.Sekian, bila ada yang ingin ditanyakan sanggup eksklusif ketik di kolom komentar.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share this Article
< Previous Article
Next Article >
Copyright © 2019 Xomlic - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com