Honda BeAT pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2008, yang mana motor ini sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari. Karena Honda BeAT ini ukurannya sangat ramping, bentuk yang meruncing serta performanya yang unggul di kelasnya. Sehingga nyaman kalau digunakan sehari-hari.
Untuk versi terbarunya All New Honda BeAT yang diluncurkan pada tanggal 16 Januari 2020 ini didesain ulang sehingga tampilannya lebih tajam. Untuk teknologinya juga sudah di upgrade semoga tidak ketinggalan jaman.
Sumber https://ihaispc.blogspot.com/
Untuk versi terbarunya All New Honda BeAT yang diluncurkan pada tanggal 16 Januari 2020 ini didesain ulang sehingga tampilannya lebih tajam. Untuk teknologinya juga sudah di upgrade semoga tidak ketinggalan jaman.
Fitur Honda BeAT 2020
Adapun fitur yang ada pada Honda BeAT versi terbaru yakni sebagai berikut:- Mesin 110 cc berpendingin udara eSP
- Lampu depan LED
- Fitur ECO indicator yang akan membantu anda berkendara dengan lebih hemat materi bakar
- Top speed cukup tinggi, yakni sanggup tembus 94 kpj
- Kapasitas tangki materi bakar lebih besar sampai 4,2 liter
- Kapasitas bagasi besar (12 liter)
- Berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang mana rangka/sasisnya dirancang khusus untuk kelincahan berlebih ketika berkendara
- Akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0-200 meter
- Penggunaan materi bakar 60,6 km / Liter dengan penggunaan fitur ISS (Metode pengetesan EURO 3)
- Ban Tubeless
- Power Charger (Untuk CBS-ISS dab Duluxe Series)
- Standar samping otomatis (Side Stand Switch) yang mana mesin tidak akan menyala jikalau standar samping dalam posisi turun, dengan fitur ini maka pengendara sanggup menghindari resiko lupa menaikan standar samping
- Combi Brake System (CBS) Untuk tipe CBS dan CBS-ISS
- Parking Brake Lock yang mana fitur ini berfungsi sebagai rem tangan
- Secure Key Shutter, sistem pengunci bermagnet yang berpengaruh dan nyaman, fitur ini untuk menghindari resiko pencurian
- Ketinggian jok yang nyaman setinggi 740 mm
- Pada bab panel speedometer terdapat dua gabungan, yakni analog dan digital
Spesifikasi Honda BeAT 2020
Mesin
Tipe Mesin | 4 - Langkah, SOCH |
Volume Silinder | 109,5 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Injeksi (PGM-FI) |
Diameter x Langkah | 47.0 x 63.1 mm |
Rasio Kompresi | 10.0 : 1 |
Daya Maksimum | 6.6 kW (9.0 PS) @7.000 rpm |
Torsi Maksimum | 9.3 N.m (0.95 kgf.m) @5.500 rpm |
Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering |
Starter | ACG Starter, kick starter dan elektrik starter |
Transmisi | Otomatis, V-Matic |
Kelistrikan
Sistem Pengapian | Full Transisterized, Baterai |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR9-N9 |
Tipe Baterai atau Aki | BeAT MF 12V-3Ah (Tipe CBS) MF 12V-5Ah (Tipe CBS-ISS) |
Kapasitas
Kapasitas Minyak Pelumas | 0.65 liter pada penggantian periodik |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 4.2 Liter |
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka | Tulang Punggung - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 - 14 M/C - Tubeless |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 -14 M/C - Tubeless |
Rem Depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS) |
Dimensi & Berat
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.877 x 669 x 1.074 mm |
Tinggi Tempat duduk | 740 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.256 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 147 mm |
Curb Weight | 89 Kg (Tipe CBS) & 90 Kg (Tipe CBS-ISS) |
Warna Honda BeAT
Untuk warna Honda BeAT 2020 terdapat banyak pilihan warna, diantaranya sebagai berikut:
- Deluxe Black
- Deluxe Silver
- Fusion Magenta Black
- Electro Blue
- Garage Black
- Dance White
- Hard Rock Black
- Techno Blue White
- Funk Red Black.
Honda BeAT POP eSP
- Honda BeAT POP eSP CW terdapat pilihan warna putih hitam dan hitam
- Honda BeAT POP eSP CBS terdapat pilihan warna biru putih, putih hitam dan putih merah
- Honda BeAT POP eSP CBS ISS terdapat pilihan warna putih hitam, putih biru, putih pink, dan putih merah.
Honda BeAT Steet eSP
Pada Honda BeAT Steet eSP ini terdapat tiga pilihan warna yaitu Steet Black, Steet Silver dan Steet Silver Black.
Untuk Harga Honda BeAT ini beda Varian beda harga ya,
Tipe | OTR Jakarta dan Tangerang (Rp.) |
Honda BeAT eSP CBS | 16.600.000,00 |
Honda BeAT eSP CBS ISS | 17.661.000,00 |
Honda BeAT eSP CBS ISS Deluxe | 17.761.000,00 |
Honda BeAT POP eSP CW | 16.003.000,00 |
Honda BeAT POP eSP CBS | 16.286.000,00 |
Honda BeAT POP eSP CBS ISS | 16.705.000,00 |
Honda BeAT Steet eSP | 17.662.000,00 |
Perbedaan All New Honda BeAT dengan Honda BeAT Versi Lama
Volume Silinder Mesin
Pada Honda BeAT versi terbaru mempunyai kapasitas ruang bakar yang lebih besar dari versi BeAT lama.
Untuk BeAT usang itu mempunyai volume silinder sebesar 108,2 cc sedangkan pada All New Honda BeAT itu mempunyai volume silinder sebesar 109,5 cc.
Walaupun mengalami kenaikan volume silinder, motor matic Honda ini masih merajai motor entry level di 110 cc.
Rasio Kompresi Mesin
Pada Honda BeAT versi usang mempunyai rasio kompresi sebesar 9,5 : 1
Sedangkan pada All New Honda BeAT itu rasio kompresinya 10,0 : 1, dengan Rasio kompresi yang lebih besar ini maka pemakaian materi bakar pun harus memakai RON 90 atau RON 92.
Kapasitas Oli
Pada Honda BeAT usang itu perlu pelumas sebanyak 0,7 liter. Sehingga biaya perawatan untuk oli motor ini cukup murah.
Tapi, pada All New Honda BeAT itu olinya cuman 0,65 liter saja loh, sehingga perawatan untuk olinya jadi lebih murah lagi serta bobot jadi lebih ringan.
Desain Body
Untuk desain body sekilas menyerupai dengan Honda Vario Series. Terutama model lampu utamanya yang sudah memakai LED yang jikalau di lihat dari samping itu menyiku.
Lampu utama LED yang menyiku ke dalam atau negative slant ini sekilas menyerupai dengan punya CBR600RR generasi terbaru.
Kalau dilihat dari depan, Honda BeAT dan Vario terbaru pakai desain lampu model V-shaped.
Untuk desain lampu utama model ini dipopulerkan oleh Honda Vario 150 generasi pertama yang waktu itu diluncurkan pada tahun 2015.
Dengan desain lampu menyerupai ini disebut Honda untuk menyesuaikan konsep desain Honda BeAT terbaru yaitu "Dynamic Agility".
Rangka
Pada All New Honda BeAT ini sudah memakai tipe eSAF (ehanced Smart Achitecture Frame) yang mana rangka jenis ini juga diaplikasikan di Honda Genio.
Rangka tipe eSAF ini diyakini lebih ringan dan lebih gampang dikendarai, alasannya yakni rangka ini diproses press dan pakai laser welding.
Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga Honda BeAT terbaru ini makin gampang dikendarai, ringan dan nyaman ketika bermanuver.
Tangki Bahan Bakar
Pada Honda BeAT versi usang mempunyai kapasitas tangki sebesar 4 Liter, sedangkan pada All New Honda BeAT mempunyai kapasitas tangki materi bakar sebesar 4,2 Liter.
Karena penggunaan rangka eSAF ini menciptakan banyak ruang pada All New Honda BeAT yang sanggup dimanfaatkan.
Speedometer
Pada layout speedometer All New Honda BeAT mempunyai beberapa perubahan dari generasi sebelumnya.
Pada Speedometer All new Honda BeAT ini terdapat dua tampilan di speedometernya, yakni latar analog untuk petunjuk kecepatan dan latar digital untuk gosip materi bakar dan odometer.
Velg
Meski sama-sama mengasung velg berukuran 14 inch, namun pada All new Honda BeAT ini mempunyai desain yang berbeda dengan velg milik BeAT lama.
Yang cukup terlihat ialah velgnya sama dengan saudaranya Honda Genio.
Fitur Charger
Untuk tipe CBS-ISS dan Duluxe sudah dilengkapi fitur power outlet yang mana fitur ini sanggup digunakan untuk mencharger handphone. Fitur ini sudah dilengkapi penutup, jadi kalau tidak digunakan sanggup ditutup sehingga tampilannya jadi lebih rapi.
Dengan banyaknya perubahan yang ada pada All new Honda BeAT ini maka berat kosongnya pun lebih ringan dari versi lamanya.
Untuk berat All New Honda BeAT tipe CBS 89 kg dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS.
Share this Article